• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Selasa, 6 Desember 2022

Kabar Nahdliyin

Jelang Ramadhan, LP Ma’arif Banyuwangi Instruksikan Ziarah Kubur ke Makam Wali dan Ulama

Jelang Ramadhan, LP Ma’arif Banyuwangi  Instruksikan Ziarah Kubur ke Makam Wali dan Ulama
Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi (Foto: Tangkapan layar/NUOB)
Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi (Foto: Tangkapan layar/NUOB)

NUOB – Banyuwangi

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, beberapa persiapan menyambut bulan suci ini telah banyak dipersiapkan oleh ummat muslim seluruh dunia.

Salah satunya Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) kabupaten Banyuwangi, yang mengintruksikan kepada seluruh kepala sekolah serta seluruh guru di bawah naungan LP Ma’arif Banyuwangi untuk berziarah ke makam ulama dan wali di Bumi Blambangan.

Hal tersebut di sampaikan Ketua LP Ma’arif kabupaten Banyuwangi Zaki Almubarok , melalui kanal Youtube LP Ma’arif Bangkit dalam video yang berdurasi 4 menit 46 detik.

“Sesuai dengan intruksi Pengurus Cabang NU (PCNU) kabupaten Banyuwangi, kami intruksikan kepada seluruh kepala sekolah, dan guru Ma’arif se Banyuwangi untuk berziarah ke makam para Waliyullah dan Ulama NU yang ada di Banyuwangi, seraya memohon ridlo dari Allah Subahanahu Wa Ta’ala,” tegas Zaki.

Selanjutnya Zaki menjelaskan beberapa agenda dalam memeriahkan bulan Ramadhan yang wajib diikuti oleh seluruh guru Ma’arif se Banyuwangi, salah satunya adalah ‘Ngaji Posoan’ dengan kitab Adabul Alim Wal Muta’allim, karangan K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari.

“Ngaji dengan qori Almukarrom KH. Ali Makki Zaini selaku ketua PCNU Banyuwangi, yang akan dilaksanakan setiap hari pada pukul 10 pagi, dan diakhir nanti ada syahadah langsung dari PCNU Banyuwangi,” ungkap Zaki.

Selain itu, Zaki mengungkapkan yang kedua adalah kegiatan “Sahur On The Scholl”, bagi sekolah yang mengadakan acara di bulan suci Ramadhan hingga sahur akan dikunjungi oleh pengurus NU dan pengurus LP Ma’arif NU.

“Sekolah yang mengadakan acara di bulan Ramadhan hingga sahur , akan kita kunjungi, sahur bersama-sama di sekolah masing-masing” cetusnya.

Masih kata Zaki, pihaknya mengintruksikan bagi guru yang menghimpun zakat fitrah, agar segera mengurus SK dari Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqah NU (Lazisnu) di setiap ranting sebagai Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah  (Upzis) Lazisnu, agar sesuai dengan syariat Islam.

“Kemudian kami intruksikan untuk segera mengurus SK dari Lazisnu ranting agar pelaksanaan zakat fitrah sesuai syariat Islam,” kata Zaki.

Terakhir dirinya mengintruksikan dalam bulan suci Ramadhan untuk memperbanyak silaturahmi, sehingga suasana hari raya Idul Fitri menjadi harmonis dan kompak.

“kemudian yang terakhir, kepada seluruh guru di bawah LP Ma’arif agar mengintruksikan untuk menjalin silaturrahmi,” pungkasnya. (Rivani/NUOB)


Kabar Nahdliyin Terbaru