NUEKRAF Banyuwangi Siap Geber Program Ekonomi Kreatif Warga Nahdliyin

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB – Tuntutan perkembangan pola ekonomi yang semakin maju di Indonesia, rupanya ditangkap dengan baik oleh NUEKRAF Banyuwangi. Hal ini diwujudkan dalam beberapa program yang akan siap di genjot untuk masyarakat NU di bumi Belambangan ini.

Dalam momentum pelantikan kepengurusan baru pada hari Kamis (25/3/2021) yang berlokasi di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU Banyuwangi), Ketua NUEKRAF Banyuwangi, Bram Hadi Sulton menyampaikan jika kedepan pihaknya akan melakukan pemberdayaan kepada warga NU dengan cara yang kreatif.

“Dari hasil diskusi kita sejak bulan Januari hingga Februari lalu tercetuslah gagasan untuk mendongkrak kreativitas masyarakat NU dalam bidang ekonomi,” kata Bram Ketika diwawancarai NU Online Banyuwangi.

Dirinya menyebutkan, NUEKRAF Banyuwangi akan memberikan tiga program untuk UMKM di kabupaten paling ujung timur pulau jawa ini. Adapun Program itu nantinya juga akan dikorelasikan dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Program kedepan itu ada tiga, yang pertama adalah lumbung, jaring, dan bakulan. Kalau lumbung itu adalah tempat diskusi bagi para pelaku usaha yang nantinya sebagai acuan kedepan,” ungkapnya.

“Sementara untuk jaring adalah sebagai pendataan bagi para pelaku usaha yang mana kita sudah ada aplikasi website untuk mempromosikan usaha Mereka. Sedangkan untuk bakulan adalah usaha kita untuk membantu memberikan edukasi tentang branding, marketing, hingga packaging produk dari masyarakat NU,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini menyampaikan pentingnya kreativitas dan kemandirian dalam mendongkrak perekonomian umat. Bukan hanya soal menyebar proposal namun juga melatih kemampuan berusaha masing-masing individu.

“Jadi orang NU itu jangan sedikit-sedikit menyodorkan proposal dana, harus ada kreativitas yang bagus untuk menopang kagiatan usaha,” kata Gus Makki sapaan akrabnya.

Untuk itu diharapkan dengan terlantiknya kepengurusan NUEKRAF ini bisa membawa dampak positif dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat NU, terutama untuk ketahanan ekonomi di wilayah kabupaten Banyuwangi. (re/nuob)