PCNU Banyuwangi Kunjungi Kedubes Singapura, Berikut Kerja Sama yang Dibahas

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi melakukan kunjungan balasan ke Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Jalan HR Rasuna Sa'id Blok X1, Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (08/04/2021).

Rombongan dari Banyuwangi dipimpin langsung Ketua Tanfidziyah PCNU, H Moh Ali Makki Zaini. Dalam kesempatan tersebut Gus Ali Makki didampingi Moh Syaifuddin Zuhri selaku Sekretaris PCNU Banyuwangi.

Kepada NU Onlin, Moh Syaifuddin menjelaskan, pada tahun 2018 Kedubes Singapura mengunjungi PCNU Banyuwangi. Sehingga PCNU Banyuwangi berinisiatif melakukan kunjungan balasan sekaligus membahas program kerja sama. 

“Kedatangan rombongan PCNU Banyuwangi disambut langsung oleh Dubes Singapura,  Anil Kumar Nayar. Dalam pertemuan terbatas tersebut, Ketua PCNU Banyuwangi, Gus Ali Makki, menyampaikan sejumlah program yang dapat dijadikan kerja sama secara langsung antara pemerintah Singapura dengan PCNU Banyuwangi,” terangnya.

Dirinya menambahkan bahwa Banyuwangi memiliki 506 sekolah penyelenggara pendidikan dengan 4.435 guru di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU.

“Keberadaan LP Ma'arif NU yang memiliki sekolah dan guru dijadikan media  kerja sama dalam bidang pendidikan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, PCNU Banyuwangi menawarkan kepada Kedubes Singapura jika ada pertukaran guru antara Banyuwangi dengan Singapura dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Khususnya sekolah di bawah naungan LP Ma'arif NU Banyuwangi.

“Dengan tukar informasi antara guru, tenaga pendidik dan kependidikan di Banyuwangi dan pemerintah Singapura diharapkan akan meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan ataupun manajemen pendidikan melalui LP Ma’arif PCNU Banyuwangi,” terangnya.

Mengenai jalinan kerja sama yang ditawarkan PCNU Banyuwangi, pemerintah Singapura langsung menyambut baik dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

“PCNU Banyuwangi juga memiliki Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) yang visinya memberikan bantuan untuk para dluafa, Hal ini juga menjadi media kerja sama yang disampaikan ketua PCNU Banyuwangi kepada Dubes Singapura,” kata Syaifuddin.

Sementara di bidang kemanusiaan, pemerintah Singapura juga siap akan menyalurkan bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Singapura melalui NU Care-LAZISNU Banyuwangi. (NUOB)