Pendidikan, Kesehatan dan Sosial Jadi Fokus Rekomendasi PCNU Pada RPJMD Banyuwangi

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB

Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU Banyuwangi) berkeliling ke kantor fraksi-fraksi DPC partai di jajaran DPRD Kabupaten Banyuwangi untuk menyampaikan usulan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021- 2026.

Setelah sebelumnya PCNU Banyuwangi menghadiri undangan dari pansus DPRD Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan pandangan dan pemikiran. Kali ini, segenap pimpinan NU di bumi Blambangan itu berkeliling menyambangi fraksi partai untuk menyampaikan usulan dan pendapat tentang berbagai bidang.

Adapun partai politik yang disambangi oleh PCNU Banyuwangi antara lain DPC PKB, DPC Partai Demokrat, DPC Partai Gerindra, hingga terkahir ditutup dengan tahlil bersama dikediaman Ketua DPRD Banyuwangi,  I Made Cahyana Negara.

Dikomandoi oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini beberapa usulan yang menjadi fokus pada RPJMD kali ini adalah sektor pendidikan, pembangunan sumberdaya manusia hingga sektor kesehatan dan pengawasan bantuan sosial atau bansos.

"Mudah-mudahan nanti saat diputuskan menjadi baik dan apa yang telah kita usulkan pada fraksi-fraksi partai bisa menjadi pertimbangan," kata Gus Makki sapaan akrabnya, Kamis (5/8/2021).

Selain itu, dalam perkembangannya kedepan dirinya berharap agar tidak ada dikotomi tentang sekolah negeri dan swasta. Terutama sekolah yang ada dalam naungan kementerian agama (Kemenag RI).

Lebih rinci lagi, dalam dunia pendidikan dirinya juga menjabarkan tentang pemberantasan narkoba sejak dini. Yakni dengan menyelenggarakan tes narkotika sebagai syarat masuk ke jenjang sekolah berikutnya.

"Berbagai usulan ini merupakan Ikhtiar kita yang nantinya bisa dirasakan oleh generasi di masa mendatang. Terlebih dalam masalah pemberantasan narkoba," ungkapnya. 

Selain berkeliling ke berbagai fraksi di tataran legislatif, nantinya PCNU Banyuwangi juga akan bersilaturahim kepada jajaran eksekutif hingga Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. (Ris/NUOB)