Program NU Melayani, LKKNU Berhasil Mudahkan Pelayanan Kependudukan Untuk Masyarakat Banyuwangi

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB – Dalam upayanya memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di kabupaten Banyuwangi, PCNU Banyuwangi melalui Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdatul Ulama (LKKNU) berhasil memberikan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan.

Lebih dari 11 ribu masyarakat di 21 kecamatan se-kabupaten Banyuwangi mendapatkan manfaat dari adanya program NU melayani ini.

Dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang masih memiliki kendala dalam mengurus administrasi kependudukan. LKKNU Banyuwangi bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil Banyuwangi) untuk menjemput bola dalam pelayanan progam tersebut.

Ketua LKKNU Banyuwangi, Ana Aniati menjelaskan, masih banyak ditemukan masyarakat yang memiliki kendala dalam administrasi kependudukan, terlebih dengan hal tersebut menyulitkan masyarakat dalam mengurusi segala keperluan.

“Salah satu yang melatarbelakangi kami untuk mengadakan kegiatan ini dikarenakan banyak sekali data-data kependudukannya yang trouble dan banyak juga ketika anak-anaknya mau sekolah harus menyerahkan akte, ternyata juga banyak yang belum punya akte,” ungkap Ana, Sabtu (13/3/2021).

Ana menjelaskan, untuk kabupaten sendiri ada 25 kecamatan jamuan progam yang diawali pada awal tahun 2020 ini hanya menyasar pada 21 kecamatan saja. Hal ini dikarenakan 4 kecamatan lainnya memiliki akses yang dekat dengan fasilitas pelayanan publik pemerintah.

“Untuk 4 Kecamatan lainnya kami tidak laksanakan program ini, Karena memang dekat dengan fasilitas pelayanan publik. Seperti di Genteng dan di Rogojampi yang dekat dengan pasar pelayanan publik, serta kecamatan Banyuwangi dan giri yang dekat dengan mall pelayanan publik,” cetus Ana.

Pelayanan yang diberikan dalam program ini meliputi pengurusan Akta kelahiran dan kematian, kartu keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), hingga kartu tanda penduduk (KTP).

Tak hanya menyasar pada masyarakat nahdliyin saja, namun progam NU melayani ini juga memberikan pelayanan kepada masyarakat secara umum di Kabupaten Banyuwangi.

Dirinya berharap dengan adanya program ini bisa mempermudah masyarakat dalam urusan kependudukan terlebih untuk masyarakat NU itu sendiri. (rw/nuob)