Shalat Gerhana Bulan, MWC NU Banyuwangi Doakan Keamanan Seluruh Belahan Negeri

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB

Pelaksanaan shalat gerhana bulan yang dilaksanakan oleh jajaran pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Banyuwangi difokuskan pada Mushala Darus Sholah, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, Rabu, 26 Mei 2021.

Secara langsung Ketua MWC NU Kecamatan Banyuwangi H. Akhmad Musollin didapuk sebagai imam dan khotib pada shalat gerhana bulan kali ini.

Di tengah pelaksanaan khutbahnya, Musollin mendoakan keamanan kepada seluruh umat yang ada di berbagai penjuru belahan negeri. Terutama kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Palestina.

"Dengan keamanan kita bisa melaksanakan ibadah dan bekerja dengan nyaman dan damai. Ya Allah liputilah kemanan di seluruh penjuru negeri ini, agar kita dapat terus melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman tanpa adanya konflik apapun," doanya yang diamini oleh seluruh jamaah yang hadir.

Tidak hanya itu, dirinya pun mendoakan agar seluruh penjuru negeri ini dijauhkan dari segala penyakit, terkhusus di tengah pandemi virus Covid-19.


"Berilah kami kekuatan dan kemudahan untuk keluar dari situasi pandemi sekarang. Agar kita dapat beribadah dan bekerja seperti sediakala. Ampunilah seluruh dosa dan kesalahan kami Ya Allah," pinta Musollin yang juga diamini seluruh jamaah yang hadir.

Sementara dalam khutbahnya, Musollin menegaskan fenomena terjadinya gerhana bulan ini merupakan bukti keagungan Allah SWT. Sungguh sangat kecil atas kelebihan yang dititipkan pada diri kita sekarang ini, tidak ada artinya apapun di hadapan Allah SWT.

"Marilah pada momentum ini bersama kita memperbaiki akhlaq ke depan menjadi lebih baik. Dengan saling memaafkan, menyambung tali silaturahmi, serta selalu berbakti kepada kedua orang tua kita masing-masing," ajaknya.

Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat Sutrisno (58) menegaskan, kegiatan shalat gerhana bulan malam itu dilaksanan sesuai dengan protokol kesehatan.

Seluruh jamaah terlihat tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum pelaksanaan ibadah.

"Dalam situasi pandemi seperti sekarang, saya selalu menghimbau warga untuk tetap taat mengikuti protokol kesehatan dalam setiap kegiatan apapun. Baik dalam keagamaan maupun sosial kemasyarakatan," beber Sutrisno.

Selain dihadiri seluruh jamaah setempat, juga terlihat hadir pula Anwar Thayeb selaku Wakil Ketua Tanfidziyah MWC NU Banyuwangi yang didampingi jajarannya. Usai shalat gerhana bulan, ditutup dengan shalat isya berjamaah. (sholeh/nuob)