Terima Kunjungan PCNU Situbondo, Gus Makki: Kita Kedatangan Kyai Asad Pendiri NU

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi mendapat kunjungan silaturahim dari Jajaran PCNU Kabupaten Situbondo, Jum'at (27/8). Sebanyak 15 Orang Pengurus yang dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah Dr. KH. Muhyiddin Khotib, MHI datang di Kantor PCNU Banyuwangi selepas Sholat Jum'at dan diterima langsung Rais Syuriyah KH. Zainullah Marwan dan Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, H. Moh. Ali Makki Zaini beserta sejumlah Pengurus Harian.

Diawali makan siang bersama, Pertemuan yang bertempat di Lantai 2 Aula Kantor PCNU berlangsung hangat dan penuh keakraban. Pengurus Cabang NU Situbondo yang baru saja terpilih pada Konferensi Cabang (Konfercab) NU Situbondo Juni lalu itu menyampaikan bahwa ada dua agenda pada kunjungan ini. Pertama, dalam rangka silaturahim memperkenalkan jajaran Pengurus Cabang NU Situbondo yang baru, Kedua Studi banding dan tiru terhadap keberhasilan PCNU Banyuwangi dalam menjalankan program-program Organisasinya.

"Kunjungan ini, selain untuk perkenalan dan Sambung Ateh antar PCNU, kami juga ingin banyak belajar pada Kyai Makki karena telah berhasil menggerakkan roda organisasi Nahdlatul Ulama di Banyuwangi ini secara efektif dan konsisten. Seluruh elemen Badan Otonom dan Lembaga NU di Banyuwangi ini berjalan aktif berkat kepemimpinan Kyai Marwan dan Kyai Makki ini, itu kenapa kami harus banyak belajar dari Banyuwangi" Ucap KH. Muhyiddin Khotib dalam awal sambutannya.

Kyai Muhyiddin Khotib berharap, semua hal baik yang telah dilakukan PCNU Banyuwangi, bisa menjadi motivasi dan ditiru oleh seluruh jajaran PCNU Situbondo. Terutama kegiatan-kegiatan yang dapat berdampak langsung dan luas terhadap kemajuan Organisasi dan bermanfaat bagi Warga Nahdltul Ulama, seperti Sobo Deso, Sobo Madrasah, Sowan Pesantren, Madrasah Amil, Bulan Khidmat Lazisnu dan banyak kegiatan lainnya.

"Program-program inovasi yang dicanangkan PCNU Banyuwangi ini menarik dan berbeda dengan program-program PCNU lain pada umumnya, seperti program Sobo Deso, Sobo Madrasah, dan Sowan Pesantren ini hanya ada di PCNU Banyuwangi', juga adanya Badan Usaha milik NU Banyuwangi, ini layak dijadikan Uswah", Sambung Kyai Muhyiddin.  

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Banyuwangi, H. Moh. Ali Makki dalam pidato penyambutannya mengaku Bangga dan bahagia mendapat kunjungan dari saudara seperjuangan PCNU Situbondo, apalagi Kabupaten Situbondo ini adalah tempat lahir dan lahan perjuangan salah satu Pendiri Nahdlatul Ulama', KHR. As'ad Syamsul Arifin. Gus Makki, sapaan akrabnya, merasa seolah sedang dikunjungi oleh Kyai As'ad bersama santri-santrinya. 

"Kultur Banyuwangi dan Situbondo ini berbeda, jadi pendekatannya pun harus berbeda, kami tidak pernah merasa lebih baik dari PCNU-PCNU lainnya, hanya kami memang punya target besar dan berikhtiyar sekuat tenaga dengan segenap kemampuan agar program-program masa kepengurusan kami ini betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, khususnya Nahdliyyin Banyuwangi, jadi niat kita cuma satu, bagaimana NU bisa betul-betul menjadi jalan keluar bagi setiap permasalahan masyarakat.", Jelas Gus Makki yang Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah, Srono.

"Jadi, mungkin ada program yang baik di PCNU Banyuwangi ini silahkan ditiru, begitu juga jika ada program baik dari PCNU Situbondo, kami siap juga untuk meneladani", Sambung Alumni Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso.

Setelah berdialog santai, Gus Makki mengantar Rombongan PCNU Situbondo keliling meninjau seluruh ruangan dan fasilitas di Kantor PCNU Banyuwangi, seperti Ruang sekretariat, Arsip, KAntor Pribadi Ketua Tanfidziyah dan Rais Syuriyah, Ruangan Studio Podcast milik NU Online Banyuwangi, Badan Otonom Ansor, Muslimat, Fatayat, Kantor Lazisnu, Lakpesdam, LPBHNU, dan LKKNU. (nuob)