Tumbuhkan Keyakinan Berkhidmat, PCNU Banyuwangi Ngaji Muqoddimah Qonun Asasi NU

$rows[judul]

Banyuwangi, NUOB

Dalam rangka tumbuhkan semangat berkhidmat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi bedah Mukadimah Qonun Asasi NU, pada Selasa (4/5/2021).

Mukadimah Qonun Asasi NU dikenal sebagai salah satu pidato paling terkenal dari pendiri NU, yakni KH. Hasyim Asy'ari, pada saat muktamar NU pertama di Surabaya, 21 Oktober 1926.

Dihadiri oleh seluruh pengurus harian lembaga NU tingkat cabang se-Kabupaten Banyuwangi, acara yang bertempat di aula kantor PCNU Banyuwangi berjalan dengan khidmat dan lancar.

Dengan dibawakan langsung oleh Ketua PCNU Banyuwangi, KH Ali Makki Zaini sejumlah pengurus lembaga terlihat khusyuk mendengar paparan materi dari muqaddimah Qonun Asasi tersebut.

Perlu di ketahui, pidato dalam bahasa Arab yang di gadang-gadang merupakan cita cita besar KH.Hasyim Asy'ari tersebut, diawali dengan puluhan ayat Al-Qur'an yang ketika di kaji secara mendalam memiliki makna yang luar biasa didalamnya.

Muqaddimah Qonun Asasi juga diibaratkan preambule dalam undang-undang dasar, yang tidak pernah berubah isinya, tidak seperti Anggaran Dasar dan Aturan Rumah Tangga yang dapat berubah pada waktu Muktamar NU.

"Kita bisa bayangkan bahwa seperti apa suasana pada saat KH Hasyim Asy'ari berpidato dihadapan para santrinya. Pada pembukaan Qonun Asasi ini terdapat berbagai ayat Al-Qur'an sebagai pedoman dalam memaknai sebuah organisasi," kata Gus Makki sapaan akrabnya.

Diharapkan dengan segenap pengurus yang menghadiri bedah Mukadimah Qonun Asasi NU ini, nantinya dapat mengkaji lebih dalam, serta bisa mengaplikasikan cita-cita besar KH.Hasyim Asy'ari yang terabadikan melalui teks pidato bersejarah 98 tahun silam itu. (RE-RN/NUOB)