Jelang Ramadahan, MWCNU Banyuwangi Gelar Pelatihan Falakiyah

Banyuwangi, NUOB- Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, MWC NU Kecamatan Banyuwangi melaksanakan pelatihan falakiyah dan penentuan arah kiblat di Masjid Raudhatus Sholihin, Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Ahad (13/5) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi Kh. Ahmad Mushollin beserta jajarannya, delegasi pengurus dan anggota ranting NU se-Kecamatan Banyuwangi, lembaga, dan badan otonomnya (Banom).

Dalam sambutannya, Kh. Ahmad Mushollin mengatakan, berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh pengurus MWC bulan Ramadhan tahun ini padat sekali. Kegiatan yang berhubungan dengan sosial sampai edukasi pengurus dan anggota di tingkat ranting.

“Hakikinya dalam pelatihan falakiyah dan penentuan arah kiblat kali ini, secara tidak langsung berhubungan dengan kaderisasi. Kaderisasi yang sifatnya edukasi. Penting juga kader dan pengurus untuk didik secara proposional,” terang Gus Mushollin – sapaan karib Kh. Ahmad Mushollin.

“Pelatihan kali ini juga kunci dalam ibadah. Baik dalam melakukan ibadah sholat atau pun puasa. Jika tidak tepat arah kiblat, maka pelaksanaan sholat pun cacat. Sama halnya dengan penentuan arah hilal sebagai penentu awal datangnya bulan Ramadhan,” sambungnya.

Nanti akan dibahas secara detail oleh pemateri, lanjutnya, penentuan arah kiblat dengan menggunakan teknologi digital sampai dengan penggunaan kompas.

“Begitu pula, dalam penentuan hilal. Akan dijelaskan menggunakan metode rukyat sampai dengan metodologi hisab. Karena itu, ilmu yang akan disampaikan oleh Bapak Musta’in Hakim dan Ust Ghufron Musthofa, mohon disimak dengan baik. Keduanya ini adalah orang-orang yang ahli dalam bidang falakiyah,” ujar Gus Mushollin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Banyuwangi, Haikal Kafili menerangkan, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan oleh pengurus di Bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi.

“Kita sepakat memberikan tajuk dalam rangkaian kegiatan ini dengan ‘Ramadhan Penuh Berkah’. Tentunya tahun ini, kita akan intensifkan kerjasama bersama aparat dan instansi terkait di setiap kegiatan. Mulai dari pihak kecamatan, Polsek, sampai dengan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait,” terang Haikal – sapaan karib Haikal Kafili.

Dalam opening, dilaksanakannya pelatihan falakiyah dan penentuan arah kiblat. Masih ada pula kegiatan: safari ramadhan, lomba tilawah al-Qur’an, pelatihan membaca kitab kuning, sampai dengan penggalangan dan penyaluran zakat, infaq, dan sedekah.

“Karena itu, saya mohon bantuan kerja samanya untuk pro aktif terhadap beberapa kegiatan yang akan dan sedang dilakukan tahun ini. Tak lain semua dilakukan untuk kebaikan bersama,” pinta Haikal.

Dalam pelatihan falakiyah dan penentuan arah kiblat kali ini, juga dilaksanakan simulasi mentukan kiblat menggunakan kompas. Lengkap dengan penyampaian pengalaman yang didapatkan oleh para pemateri saat menjabat pengurus lembaga falakiyah di tingkat cabang periode lalu. (sholeh/noe)

Comments

comments

Check Also

Lazisnu Banyuwangi Sambangi Penambang Belerang Desa Plampang

Banyuwangi, NUOB – Kawah di Gunung Ijen ini tak hanya menyimpan keindahan alam, tapi juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *