Libur Sekolah, Kader Muda NU Muncar Berselancar di Dunia Jurnalistik

Muncar, NUOB – Pimpinan Anak Cabang IPNU IPNU Kecamatan Muncar mengadakan Pelatihan Jurnalistik yang diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari Rekan-Rekanita Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kecamatan Muncar di Gedung Sekolah MTs Miftahul Ulum Muncar, Banyuwangi pada Sabtu (22/12) pagi.

Didapuk sebagai tutor pelatihan, Ahmad Sulhan Hadi memberikan dasar-dasar tentang jurnalistik seperti 5W + 1H. “Siapa yang bisa menjelaskan secara singkat 5W +  1H ?, silahkan maju !,” seru Rekan Sulhan, yang juga Kontributor NU Online Banyuwangi

Rekan Sulhan memberikan hadiah berupa uang ringgit kepada peserta yang bisa menjelaskan 5W + 1H tersebut. Bahkan beliau tak sungkan untuk berbagi pengalaman kepada peserta pelatihan tentang dunia jurnalistik.

Di akhir penyampaian, Rekan Sulhan memberikan tugas kepada para peserta untuk membuat karya tulis yang nantinya akan ditempelkan di majalah dinding (mading) sekolah. “Pada setiap kegiatan yang notabene-nya kegiatan NU, saya harap kegiatan tersebut ditulis dan dijadikan bahan tugas yang setelah pelatihan jurnalistik ini mampu benar-benar diwujudkan,” kata Rekan Sulhan

Lebih lanjut, panitia pelaksana kegiatan Achmad Firdausi Masduqi mengungkapkan tujuan diadakannya pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kapasitas potensi yang dimiliki oleh kader-kader muda Nahdlatul Ulama.

“Kami menyelenggarakan pelatihan ini sebagai ikhtiar kami untuk menambah wawasan bagi kader-kader muda Nahdlatul Ulama dalam pengembangan bakat di media tulis, khususnya,” tutur Rekan Firdaus.

“Memang, di millenial yang serba medsos (media sosial) ini, tidak sedikit orang yang menyalahgunakan media sosial untuk menyebarkan hoax/berita bohong atau berita yang belum tentu kebenarannya, yang pada hakikatnya dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, berpesan kepada peserta untuk bijak dalam bermedia sosial,” tambah pria yang juga Sekretaris PAC IPNU Muncar itu.

“Apalagi kaum terpelajar khususnya IPNU dan IPPNU, haruslah selektif dan inovatif ketika berselancar di dunia maya,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut selain sebagai media untuk meningkatkan sumber daya manusia, juga sebagai wahana mengisi waktu libur sekolah dan untuk mempererat tali silaturahmi (Dio/Awang).

Comments

comments

Check Also

Terpilih Sebagai Ketua, Muhammad Canangkan MWC Singojuruh Lebih Mandiri

Singojuruh, NUOB – Konferensi Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Kecamatan Singojuruh pada Ahad (15/7) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *