Home Berita Aktual Makesta PKPT; Altruisme Pijakan Anggota Baru Dalam Berproses

Makesta PKPT; Altruisme Pijakan Anggota Baru Dalam Berproses

166
0
Kegiatan Makesta PKPT IAI Ibrahimy dihadiri secara langsung oleh Ketua PC IPNU Banyuwangi Achmad Asrorul Umami saat pembukaan kegiatan.

Songgon, Banyuwangi – PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy Genteng-Banyuwangi pada 30 Oktober – 1 November 2020 menggelar pendidikan kaderisasi formal, yakni Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Kegiatan Makesta yang ke-XI ini memiliki orientasi yang sedikit berbeda dengan Makesta sebelumnya.

Adapun tema Makesta PKPT IAI Ibrahimy pun juga jauh dari tema-tema yang biasa digunakan, yaitu “Altruisme Vs Egoisme”. Seperti yang disampaikan Ketua PKPT IPNU IAI Ibrahimy, Muhammad Nasrullah, Makesta diorientasikan pada konstruksi intelektualitas anggota-anggota baru, serta tema yang diangkat pun juga memiliki arti kebersamaan dalam segala hal.

“Makesta ini berbeda dengan sebelumnya. Mulai, konsep, orientasi, sampai temanya. Kali ini lebih berorientasi pada pembangunan, konstruksi, juga pengembangan intelektualitas anggota PKPT yang baru. Dan tema yang diangkat pun juga berbeda, yaitu “Altruisme Vs Egoisme”. Altruisme itu lebih menekankan kepada memikirkan manusia lainnya, dan ini dalam segala aspek, termasuk kesepahaman anggota satu dengan yang lain terhadap materi Makesta. Sederhananya, altruisme itu ya kebersamaan” ujar Nasrul.

Selama kegiatan yang dipusatkan di Yayasan Bumi Sroyo, Bangunsari, Songgon tersebut disetting berbeda. Berangkat dari kegelisahan PKPT terhadap kultur mahasiswa IAI Ibrahimy yang secara stereotip esensi mahasiswa sejati belum tampak.

Kegelisahan tersebut disampaikan langsung oleh ketua panitia Makesta PKPT IAI Ibrahimy 2020, Ainun Najib, mahasiswa IAI Ibrahimy masih belum seperti kampus lainnya. Seperti diskusi dan literasi, masih minim. Ia juga menilai dua kultur itu sejatinya harus ada, dan PKPT memulai itu dari Makesta bagi mahasiswa baru, yang harapannya nanti anggota-anggota baru melakukan kulturisasi stereotip mahasiswa sejati.

“Mahasiswa sejati itu ya diskusi, literasi, dan sebagainya. Tapi nyatanya hal-hal itu minim terjadi di kalangan mahasiswa IAI Ibrahimy. Nah, dengan adanya Makesta PKPT, anggota-anggota baru PKPT IAI Ibrahimy ikut serta dalam melakukan kulturisasi budaya di atas yang menjadikan mahasiswa dapat bersaing dan memiliki daya tawar dengan kampus lainnya, ” ucap Ainun.

Untuk diketahui sampai Ahad, 1 November 2020, pelaksanaan Makesta PKPT IPNU IPPNU Ibrahimy berjalan lancar dan peserta resmi menjadi anggota PKPT IPNU IPPNU IAI Ibrahimy Genteng-Banyuwangi. (Sholeh Muria/Sholeh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here