Home ORGANISASI Pagar Nusa Kini Jadi Ekstrakurikuler Unggulan di Sekolah NU Banyuwangi

Pagar Nusa Kini Jadi Ekstrakurikuler Unggulan di Sekolah NU Banyuwangi

16
0

Pencak Silat Pagar Nusa kini menjadi ekstrakurikuler unggulan di sekolah di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi.

Hal tersebut setelah Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Banyuwangi melakukan memorandum of understanding atau MoU dengan LP Ma’arif NU, pada Senin (20/1/2020).

Sekretaris Cabang Pagar Nusa Banyuwangi, Gus Syifa mengatakan, MoU tersebut sebagai bagian dari membumikan pencak silat Pagar Nusa di Bumi Blambangan.

“Tujuannya agar Pagar Nusa lebih mudah masuk ke sekolah sekolah khususnya di bawah naungan LP Ma’arif NU,” ungkapnya kepada TIMESIndonesia.

Menurut Gus Syifa, sinergitas antara PC Pagar Nusa dan LP Ma’arif NU dalam bentuk MoU tersebut penting dilakukan guna menciptakan bibit pesilat unggul dan berprestasi.

“Selama ini sekolah dibawah LP Ma’arif NU yang ada ekstrakurikuler Pagar Nusa dari tingkat TK masih satu, MI ada lebih dari 15 unit, sedangkan MTs baik swasta atau negeri ada sekitar 20 an. Sedangkan tingkat MA masih sekitar 8 unit,” ujarnya.

Sementara itu Ketua LP Ma’arif NU Banyuwangi, Gus Zakki Al Mubarok menyambut baik mengenai sinergitas kerjasama tersebut.

“MoU ini kita harapkan bisa menjadi landasan hukum untuk Pagar Nusa bisa masuk ke sekolah-sekolah di bawah naungan LP Ma’arif menjadi ekstrakurikuler,” terangnya.

Gus Zaki mengatakan, selama ini banyak sekolah yang kesulitan terkendala soal legalitas saat membuka ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa. Dengan adanya MoU ini harapannya bisa dimudahkan.

“Sekolah di bawah LP Ma’arif NU berjumlah sekitar 600 lembaga, yang terdiri dari TK hingga tingkat SMA/SMK,” tutur Gus Zaki.

Ke depan, Gus Zaki berharap dengan kerjasama Pagar Nusa jadi ekstrakurikuler unggulanitubisa menciptakan kader pesilat yang berkualitas, unggul dalam prestasi bahkan hingga ketingkat dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here