• logo nu online
Home Warta Berita Aktual Kabar Nahdliyin Khutbah Badan Otonom Bahtsul Masail Pesantren Ulama NU Opini
Rabu, 22 Mei 2024

Badan Otonom

IPNU IPPNU

PAC IPNU IPPNU Kabat Luncurkan Program "Gebrak" dan Gelar Pengobatan Gratis

PAC IPNU IPPNU Kabat Luncurkan Program "Gebrak" dan Gelar Pengobatan Gratis
PAC IPNU-IPPNU Kabat luncurkan program "Gebrak" dan menggelar pengobatan gratis bagi warga setempat.
PAC IPNU-IPPNU Kabat luncurkan program "Gebrak" dan menggelar pengobatan gratis bagi warga setempat.

NUOB, Banyuwangi 
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabat telah meluncurkan program baru, yaitu Gerakan Bermakna dan Aksi Kemanusiaan (Gebrak) pada Minggu (18/06/2023).

Acara tersebut dimulai pads pukul 09.00 WIB di Kantor Desa Labanasem, Kecamatan Kabat.

Program bertujuan untuk memfasilitasi kontribusi para pelajar dalam memberikan solusi bagi persoalan lingkungan dan sosial kemanusiaan masyarakat, khususnya di kalangan nahdliyin sendiri.

"Gebrak itu fokusnya memberi solusi nyata untuk persoalan-persoalan yang ada. Sebagaimana di antara slogan kami adalah Khidmah Lil Jam'iyyah, Khidmah Lil Ummah," ujar Ketua PAC IPNU Kabat, Ahmad Ramdani Lubis pada tim NUOB Banyuwangi, Senin (19/6).

Kedepannya, program tersebut diharapkan bisa berupa pengobatan gratis, pendidikan atau sekolah gratis, rumah layak huni dan turut berupaya mengurangi angka putus sekolah.

Guna dapat memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat, PAC IPNU-IPPNU Kabat melakoni kerjasama dengan pihak swasta yakni Klinik dr. Didik Sulasmono.

"IPNU-IPPNU Kabat telah berkolaborasi dengan kita untuk bersama-sama melakukan pelayanan kesehatan gratis di tengah masyarakat. Kali ini, kami bawa segenap Tim KDS Crew ada dr. Dul Rohman sebagai penanggungjawab, tim asistensi, dan tim apoteker. Lengkap lah," ucap Diah Fitrianingsih, Direktur Klinik dr. Didik Sulasmono dalam kesempatan yang berbeda.

Program gebrak tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat. Alhasil, program tersebut  diikuti 76 pasien. Sebagian pasien berharap layanan kesehatan gratis ini bisa berjalan rutin baik sebulan sekali atau dua bulan sekali.

"Nggeh, nek saget rutin 1 bulan sekali nggeh eco. Kersane mboten tebih-tebih nek ajenge perikso" kata salah satu pasien, Hamid Praboyo.

Senada dengan pernyataan di atas, Darmawan Syafiuddin, Ketua Ranting IPNU Labanasem menyambut baik program unggulan PAC IPNU-IPPNU Kabat.

"Kami berterima kasih karena telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Semoga kerjasama ini bisa terus terjaga dan memberikan dampak yang lebih luas lagi untuk masyarakat maupun rekan-rekanita pelajar di ranting lain," pungkasnya (Red/ARL).


Editor:

Badan Otonom Terbaru